3 Keunggulan Alumni Pesantren

Masih kah kalian ingat dengan lagu “suasana di kota santri, asyik nyaman bla..bla..”. yaps, hal itu memang benar adanya. Selain menambah ilmu agama dan ilmu non agama, Ponpes (Pondok Pesantren) juga mendidik santri-santriwatinya agar lebih disiplin dan mandiri. Para santri-santriwati ini juga akan didik untuk beradaptasi, mengingat beragamnya suku dari mereka yang bersekolah di pesantren tersebut. Dibalik itu semua, tahukah kamu bahwa para alumni-alumni Ponpes ini berbeda dengan para alumni sekolah negeri maupun swasta. Berikut ini, akan saya sampaikan 3 keunggulan alumni pesantren.

  1. Cara MandiriC

Sifat mandiri ini muncul, karena mereka semua di didik untuk tidak manja. Sifat mandiri yang paling menonjol itu, ditunjukan oleh para santri-santriwati rantauan. Mereka sudah terbiasa melakukan semua hal seorang diri. Maka tak heran selepas jadi alumni, orang tua mereka akan terkagum-kagum pada sifat mandiri anak-anaknya.

  1. Mudah Beradaptasi

Pada saat masih bersekolah di pesantren, mereka sudah terbiasa bergaul dengan teman-temanya yang berbeda suku seperti suku Sunda, Padang, Jawa, Melayu, Ambon, Aceh, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, para jebolan pesantren ini akan mudah beradaptasi.

  1. Memiliki Tanggung Jawab

Hal ini tidak terlepas dari didikan Ustadz-Ustadzah di pesantren, yang selalu menerapkan hukuman bagi santri-santriwatinya jika ada yang melanggar aturan di pesantren. Lambat laun, rasa tanggung jawab itu pun akan muncul pada diri mereka dengan sendirinya.